Kahoot adalah permainan berbasis
platform pembelajaran gratis yang dikembangkan oleh Johan Brand, Jamie Brooker
and Morten Versvik dengan menggunakan riset Professor Alf Inge Wang dan
rekannya di the Norwegian University of Science and Technology tentang
penggunaan kuis yang interaktif. Kahoot sebagai teknologi pendidikan diluncurkan pada Agustus 2013 dari
Norwegia. Kahoot kini dimainkan oleh lebih dari 50 juta orang di 180 negara.
Dirancang untuk dapat diakses untuk ruang kelas dan lingkungan belajar lainnya
di seluruh dunia. Permainan kahoot dapat dibuat oleh siapa saja dan tidak
dibatasi untuk tingkat usia atau subjek. Permaian kahoot dapat dimainkan
menggunakan perangkat desktop, laptop, tablet maupun smartphone dengan web
browser pada perangkat masing-masing.
Kahoot memberikan situasi pembelajaran yang cocok untuk
menggabungkan pembelajaran berbasis penyelidikan dan permainan. Penggunaan
kahoot ini sangat cocok juga dipadukan dengan pembelajaran pada kurikulum saat
ini yaitu kurikulum 2013. Kelebihan kahoot adalah memungkinkan guru untuk
membuat kuis, diskusi, maupun survey dalam
bentuk pertanyaan dengan memasukkan berbagai elemen seperti video,
gambar maupun teks. Guru juga bisa memberikan batasan waktu untuk menjawab kuis
atau pertanyaan yang diberikan oleh guru. Selain itu kahoot dalam pembelajaran
juga dapat membantu guru untuk mengumpulkan umpan balik informal dari siswa,
menilai pemahaman belajar siswa, dan membuat penelaahan atau jejak pendapat
tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang terjadi di kelas. Dalam
segi kreativitas, kahoot memungkinkan siswa untuk tidak hanya menjawab pertanyaan
tetapi juga membuat pertanyaan mereka sendiri.
Kahoot dapat digunakan untuk berbagai jenis tes seperti
sumatif, pres test, post test dan sebagainya. Guru atau si pembuat permainan
kahoot hanya menambahkan pertanyaan-pertanyaan ke dalam aplikasi Kahoot dan
memainkannya bersama siswa atau peserta bimbingan dengan memberikan game PIN
untuk bergabung dalam permainan. Dengan menggunakan kahoot dapat meningkatkan
konsentrasi siswa dalam belajar juga menambah ketelitian bagi siswa karena akan
menjawab kuis dalam waktu yang singkat sehingga dapat mempengaruhi pola pikir
siswa secara cepat dan tepat sasaran. Penggunaan kahoot dalam pembelajaran juga
dapat meningkatkan motivasi dan semangat siswa untuk belajar apalagi kalau guru
yang menggunakan kahoot ini menyiapkan berbagai hadiah bagi siswa yang dapat
menjawab dengan cepat dan tepat. Hal ini juga dapat memotivasi siswa lain yang
memiliki sikap pasif atau pendiam namun, ketika sudah mengalami penggunaan
kahoot dalam belajar dapat meningkatkan motivasi belajarnya meningkat juga dan
akhirnya tidak membuat siswa pasif dalam belajar tetapi siswa dapat aktif semua
dalam menjawab kuis pelajaran yang di berikan oleh guru.
Cara Menggunakan
Kahoot
Untuk bisa bermain di kahoot, kita dapat membuat permainan sendiri dengan
memasukkan pertanyaan-pertanyaan sesuai kebutuhan kita ataupun dengan langsung
menggunakan beragam quiz yang telah tersedia pada aplikasi kahoot.
1.
Pertama-tama
kita mengunjungi laman kahoot dengan https://getkahoot.com/
kemudian sign up untuk mendapatkan username. Jika telah ada user dapat langsung
menuju laman https://create.kahoot.it/login.
Login juga dapat melalui akun google atau akun microsoft yang kita miliki.
2.
Dengan
memiliki akun di kahoot, maka kita dapat membuat quiz, diskusi online, survey
maupun tes acak. Silahkan klik “Quiz” jika ingin membuat quiz. Sebaiknya daftar
pertanyaan dan jawaban sudah disiapkan
3.
Isikan
Deskripsi dari kuis yang ingin dibuat misalnya judul, deskripsi, settingan
untuk kuis. Pada settingan "Visible to", silahkan pilih "Only
me" bila kuis hanya bisa dibuka dan ditampilkan untuk keperluan anda
sendiri misalnya untuk pembelajaran di kelas kita. Pilih “Everyone” agar kuis
dapat digunakan oleh semua orang dengan membagikan tautan (share link). Anda juga bisa menambahkan gambar yang relevan.
Kemudian jangan lupa klik “Ok, go” bila telah selesai.
Setelah
berhasil membuat deskripsi kuis anda, saatnya untuk memulai membuat pertanyaan
dalam kuis dengan mengklik “Add Question”.
Pada
tampilan pertanyaan, silahkan isikan: “Question” untuk membuat pertanyaan,
“Time limit” untuk batasan waktu, “Answer” untuk pilihan jawaban yang
dibutuhkan dan centang pada pilihan jawaban yang benar sebagai kunci jawaban,
“media” untuk menambah gambar atau video. Setelah selesai, kemudian klik “Next”.
selengkapnya juga dapat dilihat di https://lpmpsulsel.kemdikbud.go.id/buletin/buletin-pabiritta-edisi-21-desember-2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar